Senin, 02 Mei 2011

Delapan macam usaha kecil bagi ibu rumah tangga


Menjadi ibu rumah tangga adalah suatu proses yang alami. Setelah menikah, otomatis seorang perempuan akan menjadi ibu rumah tangga. Asumsi orang bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak bisa memperoleh penghasilan sendiri adalah kurang tepat. Ada beberapa macam usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga tanpa meninggalkan rumah dan tugasnya sebagai ibu rumah tangga.
Berikut beberapa macam usaha yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga;
1.Menerima menjahit baju
Bagi ibu-ibu yang mempunyai keahlian menjahit tidak akan kesulitan untuk membuka usaha ini. Dengan bermodalkan mesin jahit dan pengetahuan di bidang jahit-menjahit, usaha ini sudah bisa dijalankan.
Update selalu perkembangan mode saat ini dan sediakanlah majalah-majalah mode sebagai bahan referensi bagi customer kita. Sehingga model-model baju yang kita jahit sesuai dengan perkembangan mode saat ini.
Servis atau pelayanan kita bagi customer harus diutamakan. Selalu bersikap ramah dan sabar dalam menghadapi permintaan customer. Pelayanan tepat waktu harus diperhatikan pula. Kalau kita menjanjikan waktu jahit selam seminggu, usahakanlah untuk tepat pada waktunya.
Bila perlu, berikan pula perincian biaya jahit. Misalnya berapa ongkos untuk jahit baju, ornamen (kancing, bordiran, dll). Ini akan memberi kepuasan tersendiri bagi customer kita.
2.Berkreasi dengan kain perca
Tidak bisa menjahit tapi di rumah banyak kain perca? Berkreasilah dengan kain perca tersebut. Anda bisa membuat bermacam-macam tas, tutup kulkas, dompet, taplak meja, pencilcase dan lain-lain. Pengerjaannya relatif mudah. Untuk model-modelnya, anda bisa mencarinya di buku-buku keterampilan.
Bagaimana dengan hasil kreasi kita? Anda bisa membuka galeri kecil di rumah anda, untuk memajang hasil kreasi anda.Undanglah teman-teman, tetangga, kerabat untuk melihat-lihat, mungkin saja mereka akan tertarik dan langsung membelinya. Atau anda bisa menitipkan lewat kantor suami anda, sodara anda bahkan mungkin juga anda bisa menjualnya secara online!
3. Memasang payet baju
Dunia mode saat ini tengah semarak dengan penggunaan payet.Banyak penjahit atau konfeksi yang sangat membutuhkan tenaga sebagai pemasang atau penjahit payet di baju-baju yang sudah jadi.
Tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya kita dituntut dengan konsentrasi dan ketekunan saat mengerjakannya. Meski demikian hal ini akan setimpal dengan upah yang akan kita peroleh, karena memasang payet untuk satu baju bisa mencapai seratu ribu lebih. Menarik bukan?
4. Membuat usaha makanan
Bila anda pintar meracik bumbu dan memasak, anda bisa membuka warung makan di depan rumah anda. Atau bila anda tidak mau terlalu repot, anda bisa membuat makanan kecil atau kue-kue untuk dititipkan di warung atau kantin sekolahan.
Bagaimana bila kita tidak pintar membuat masakan atau kue? Tak usah khawatir. Anda bisa membeli kue-kue atau makanan kecil yang sudah jadi dipasaran. Biasanya kue-kue ini dijual dalam kiloan yang besar. Anda bisa mengemasnya dalam ukuran kecil, untuk dijual dengan harga yang terjangkau. Buatlah kemasan yang menarik dan berikan merk anda sendiri. Kemasan menarik akan membuat orang tertarik untuk membelinya.
5. Membuka warung atau toko kelontong
Ini akan tergantung kepada besar kecilnya modal yang anda miliki. Bila modal kita terbatas, kita bisa membuka warung kecil di depan rumah kita. Untuk toko kelontong, biasanya akan memerlukan modal yang lebih besar.
Perhatikan pula lingkungan dimana anda akan berjualan. Sesuaikan barang yang anda jual dengan kebutuhan lingkungan sekitar anda. Misalnya, lokasi anda berdekatan dengan lingkungan sekolah, maka kita bisa menjual alat tulis dan perlengkapan sekolah. Dengan begitu, barang yang kita jual akan cepat laku.
6.Memberi les privat
Bagi ibu-ibu yang berpendidikan tinggi tapi tidak bisa bekerja di luar rumah, inilah solusinya. Manfaatkan ilmu pengetahuan yang anda miliki dengan memberi les-les bagi anak sekolahan.
Banyak keuntungan plus dari les privat ini. Selain mengamalkan ilmu, kita juga akan memperoleh penghasilan.Waktu yang bisa di atur sesuai kesepakatan dengan anak didik kita, membuat waktu luang kita lebih banyak dan kita bisa memanfaatkannya untuk hal lain. Perlu diingat pula biaya les privat saat ini tidak murah lho!
7.Menjual pulsa elektrik
Jangan takut dengan persaingan karena sudah banyak orang yang menjualnya. Ingat, kebutuhan akan pulsa saat ini tidak terbatas! Penggunaan telepon genggam saat ini sudah menyebar di segala kalangan. Dari pengusaha sampai anak SD sekalipun, semuanya sangat membutuhkan pulsa.
Selain transaksi yang bisa dilakukan dimana saja, dalam hal modal pun kita tidak akan kesulitan. Dengan modal hanya 100 ribu rupiah pun kita sudah bisa berjualan pulsa elektrik! Anda tertarik?
8.Penyewaan mesin cuci
Bagi sebagian keluarga mungkin saja tidak selalu menggunakan mesin cuci setiap hari. Nah, kita manfaatkan saja. Tetapi perhitungan sewa yang kita gunakan tidak seperti jasa laundry pada umumnya. Kita sewakan mesin cuci kita dengan hitungan perjam.Misalnya, sewa mesin cuci selama satu jam adalah delapan ribu rupiah denan jumlah cucian yang sesuai dengan kapasitas mesin cuci kita.Ini akan mempermudah pengelolaan  sewa mesin cuci kita. Berminat?
Demikianlah sedikit dari usaha-usaha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Pintar-pintarlah memilih usaha apa yang cocok dengan anda dan keluarga anda, sehingga memperoleh hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar